Gelar Sunatan Massal, Kolaborasi Umat Islam dan Budha di Tangerang

Seorang anak digendong ayahnya usai melaksanakan Sunatan Massal di Masjid Jami Wihdatul Ummah Sukasari Kota Tangerang. (Foto Supriyadi Ups).

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Wujud kerukunan dalam perbedaan keyakinan beragama hadir dalam bentuk kegiatan Sunatan Massal di Masjid Jami Wihdatul Ummah, Sukasari Kota Tangerang.

Acara tersebut diinisiasi oleh Pengurus Masjid bekerja sama dengan Masyarakat Budha, Generasi Muda Tao Indonesia di bawah bimbingan Yayasan Ceng It Thian Kun Bio yang berdomisili di daerah Poris, Cipondoh Kota Tangerang.

Kolaborasi antar dua umat beragama ini telah dua kali digelar, sebelumnya pada 12 September 2021 dan dilanjutkan pada Minggu (26/9/21).

Ustaz Yayan, selaku pengurus Masjid mengatakan bahwa sebelumnya sudah dua puluh orang disunat dan hari ini berlanjut dua puluh orang anak yang umumnya adalah peserta didik di Taman Pendidikan Al Qur’an Wihdatul Ummah dan warga sekitar.

“Antusias masyarakat Alhamdulillah sangat baik, hari ini saja selain yang dua puluh anak didata, ada 10 anak lagi yang mau dikhitan (sunat-red), namun kita tunda untuk kegiatan sunatan massal selanjutnya di bulan Maulid,” katanya.

Proses operasi sunatan Massal di teras Masjid Jami Wihdatul Ummah.

Bantuan tenaga medis dan perlengkapan serta pengobatan pasca operasi sunat yang diberikan oleh generasi muda Tao Indonesia menurut Ustaz Yayan sangat membantu dalam gelaran acara tersebut.

“Satu orang dokter dan asistennya tenaga medis yang dibawa oleh mereka, kita di sini menyediakan paket buat anak-anak seperti baju Koko dan tambahan lainnya biar anak-anak yang mau disunat senang dan gembira,” paparnya.

Dalam pantauan nampak di Masjid berlantai dua tersebut suasana ramai, suara anak-anak di lantai atas yang menunggu giliran disunat bercampur suara dari musik Hadroh yang menghibur, di sela teriak dan tangisan anak yang sedang disunat di teras masjid.

Kegiatan sunatan massal ini menurut keterangan dari Suhu Jhony perwakilan dari Generasi Muda Tao Indonesia, merupakan kegiatan rutin dan sudah dilaksanakan di berbagai daerah selama tahun 2021.

“Kegiatan ini salahsatu program dari Generasi Muda Tao Indonesia rutin dilakukan selama tahun 2021 setidaknya sudah 17 titik, selain di sini kita juga sampai ke Serang Banten,” jelas Suhu Jhony saat diwawancarai.

Selain sunatan massal Jhony bersama generasi Muda Tao Indonesia juga menggelar vaksinasi Covid-19 di masa Pandemi ini, dirinya berharap dari keberagaman budaya, suku dan agama masyarakat Indonesia tetap terjaga kerukunan dan kesatuannya.

“Biar beranekaragam tetap bersatu,” pungkasnya.

Foto bersama pengurus masjid Jami Wihdatul Ummah dengan Generasi Muda Tao Indonesia bersama Anggota DPRD Kota Tangerang dan Perwakilan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten.

Kolaborasi ini pun mendapat perhatian dari pihak DPRD Kota Tangerang dan Kementerian Agama, hadir Dedy Fitriadi anggota Komisi II DPRD Kota Tangerang dan Andi Dela Yulianto selaku pembimbing masyarakat Budha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Banten.

Dedy Fitriadi pun memberikan apresiasi dan menurutnya kegiatan tersebut bisa menjadi contoh masyarakat lainnya bahwa perbedaan bukanlah penghalang untuk bekerjasama antar umat beragama.

“Dan ini harus menjadikan contoh, khususnya warga Indonesia disinilah Pancasila, kebhinekaan jadi kerukunan agamanya terlihat kita semua sama walaupun dalam tata cara maupun keyakinan kita berbeda Kita satu,” Ujar anggota DPRD dari Fraksi Demokrat.

Senada dengan Dedy Fitriadi, perwakilan kementerian agama Andi Dela Yulianto berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan agar terwujud kehidupan bernegara yang harmonis.

“Dari kementerian agama sifatnya membina, kegiatan seperti ini Kita motivasi untuk terus dilakukan agar kegiatan yang bernuansa kerukunan antar umat beragama selalu terpelihara agar terwujud kehidupan bernegara yang harmonis.” Paparnya.

(Ups)

 1,188 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.