Dispora Sulbar Gandeng Sekolah dan OPD untuk Mengembangkan Cabang Olahraga Baru, Pickleball

Pickleball
Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin.

SULBAR, Cybernewsnasional.com – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sulawesi Barat mulai mengembangkan cabang olahraga baru bernama Pickleball.

Pickleball merupakan cabang olahraga yang menggabungkan antara unsur pingpong, tenis, dan bulu tangkis. Selain bisa dimainkan di lapangan outdoor, olahraga ini juga bisa dimainkan di lapangan indoor.

Menurut Kepala Dispora Sulbar, Safaruddin awalnya olahraga ini dikembangkan di Amerika Serikat sebagai permainan anak-anak. Namun seiring berjalannya waktu, banyak orang dewasa yang juga menikmati olahraga ini sebagai salah satu aktivitas untuk membakar kalori. Dan permainan ini sangat asyik dan sangat cepat mengeluarkan keringat, saya baru kali ini mencoba main tapi sudah memahami tehkniknya, yang jelas olah raga ini akan kita kembangkan seterusnya,” tututur.

“Pickleball baru diperkenalkan di Indonesia pada 2019 silam. Dan masuk di Sulbar sekitar 2023 Olahraga ini adalah gabungan dari unsur pingpong, tenis dan bulu tangkis. Sudah merambah di berbagai wilayah, dan sekarang juga mulai kita kembangkan di Mamuju, Polman,Mateng, Pasangkayu,” ujar Safaruddin saat dikonfirmasi usai latihan.

Oleh karenanya, safaruddin menuturkan, guna memperkenalkan cabor Pickleball ini, Dispora Sulbar akan memperkenalkan olah raga ini ke sekolah – sekolah dan OPD agar cepat di pahami dan di jadikan olah baru yang bisa meraih prestasi.

Secara rinci, Safaruddin menjelaskan, olahraga Pickleball ini membutuhkan fasilitas pendukung berupa lapangan, jaring, bola dan dayung atau paddles. Untuk lapangannya sendiri, ukurannya lebih kecil dari lapangan tenis dan mirip dengan lapangan bulu tangkis ganda.

Lapangan itu, tambah Safaruddin, berbentuk persegi panjang berukuran 20 x 44 kaki. Sedangkan ukuran jaringnya setidaknya 21 kaki dan 9 inci, serta memiliki tinggi minimal 30

“Bola pickleball dibuat dari plastik dan memiliki lubang dengan berbagai ukuran dengan permukaan mulus dan tampil dalam berbagai warna. Lalu dayung atau raket yang disebut dengan paddles dalam olahraga ini mirip seperti raket pingpong,” terangnya.

Tujuan dari Cabor Pickleball ini hampir sama dengan olahraga pingpong, tenis lapangan dan bulutangkis karena sama- sama di pertandingan untuk meraih prestasi. Dan olah raga ini akan ajak KONI Provinsi dan seluruh Koni Kabupaten untuk berkolaborasi dalam pengembangan Cabor baru ini Pickleball.” Harapnya.

“Upaya memperdalam ini dilakukan dalam bentuk latihan bersama, di lapangan terbuka dan kita upayakan ada lapangan permanen yang di miliki Pickleball. tutupnya.

***(Kml)***

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.