Disnaker Kota Tangerang Gencar Luncurkan Inovasi Kurangi Pengangguran

KOTA TANGERANG, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Dalam menuntaskan atau mengurangi masalah pengangguran, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang meluncurkan berbagai inovasi, mulai dari Virtual Job Fair, Mobil Pelatihan Praktek Kerja (Si Praja) hingga Aplikasi Tangerang Sedia Lowongan Kerja (Tas Loker).

Dalam mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan dan kualifikasi perusahaan, selain dapat mengikuti virtual job fair yang kerap diadakan tiap bulan, Masyarakat Kota Tangerang pun dapat memanfaatkan hadirnya aplikasi Tangerang Sedia Lowongan Kerja (Tas Loker) yang dapat diakses melalui super apps Tangerang LIVE hingga Balai Latihan Kerja (BLK) memalui Si Praja dan ragam program pelatihan lainnya.

Kepala Disnaker (Kadisnaker) Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan menjelaskan, bahwa pihaknya telah banyak meluncurkan berbagai inovasi yang dapat dimanfatkan para pencari pekerjaan contohnya yang terbaru di aplikasi Tas Loker yang dapat dimanfaatkan para pencari kerja dan pemberi kerja. Keduanya, dapat menyesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan masing-masing pihak.

“Aplikasi Tas Loker tersebut tersedia di super apps Tangerang LIVE yang dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Segala fasilitas atau wadah untuk mereka para pencari kerja telah disediakan sebagai program pelengkap untuk menuntaskan persoalan pengangguran di Kota Tangerang. Di Tas Loker para pencari kerja juga dapat menyesuaikan lowongan mana yang sesuai dengan keterampilannya, dan juga dapat menyesuaikan dengan kualifikasi perusahaannya,” papar Ujang saat ditemui di stand Job Fair usai Pembukaan Alun- alun Periuk Kota Tangerang, Sabtu (09/12/2023).

Diharapkan dapat menekan angka pengangguran di Kota Tangerang secara signifikan. Untuk itu, pihaknya mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk dapat memanfaatkan Aplikasi Tas Loker sebagai sarana bagi para pencari kerja.

“ Segala fasilitas atau wadah untuk mereka para pencari kerja telah disediakan. Kini ayo manfaatkan sesuai kebutuhan dan kemampuan untuk perubahan yang lebih baik dan maju,” harap Ujang.

Selain itu, Program pelatihan yang sebelumnya berbasis di satu tempat, seperti Balai Latihan Kerja (BLK) di tiap kecamatan atau kelurahan. Sebagai evaluasi, Disnaker bersama beberapa pihak profesional dari berbagai bidang pelatihan, seperti digital dan bidang wirausaha dalam menghadirkan Si Praja sebagai program pelatihan yang dapat menjaring komunitas lebih luas, fleksibel, dan efesien.

Dijelaskan, Si Praja merupakan 2 unit armada dengan pelayanan 20 kegiatan berbasis kompetensi, dan 20 kegiatan berbasis kewirausahaan dan siap mengunjungi masyarakat secara bergilir di 13 kecamatan Kota Tangerang yang diharapkan mampu membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja, serta mampu bersaing dengan relevansi kebutuhan dunia kerja.

“Si Praja merupakan program jemput bola. Untuk mekanismenya, komunitas masyarakat cukup menyiapkan minimal 20 orang untuk mengajukan pelatihan. Setelahnya, kita melalui Si Praja akan mengadakan pelatihan sekaligus memberikan pelayanan berupa materi, instruktur, dan program yang bersifat berkelanjutan sesuai bidang kompetensi dan bidang kewirausahaan yang efektif dan diharapankan dapat meningkatkan kualitas skill yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini,” papar Ujang.

Dalam mengawal Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang pada gelaran Roadshow Pembangunan di13 kecamatan. Dinas Ketenagakerjaan pun menghadirkan stand job fair, untuk masyarakat yang tengah mencari pekerjaan.

“ Kegiatan Roadshow Pembangunanyang dihadiri Wali Kota atau Wakil Wali Kota dan jajaran OPD serta kecamatan. Disnaker Kota Tangerang juga berupaya memaksimalkan moment dengan menghadirkan layanan job fair yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang membutuhkan,” tandas Ujang.(adv)