Dengan Alasan Seikhlasnya Dana Bansos Tetap Kesunat

Bekasi, MCNN. Com – Arahan Presiden Jokowidodo untuk tidak ada pemotongan sepeser pun uang Bantuan Sosial ( Bansos ) nyaris tidak di indahkan oleh oknum pemilik e warung di Bantarjaya.

Hal ini terungkap ketika salah seorang penerima bantuan mengungkapkan uang bansosnya dipotong 30 ribu dengan alasan seikhlasnya.

” Bukan dipotong katanya seikhlasnya saja untuk admin, serba engga enak dikasih kebiasaan engga dikasih ada perasaan tidak enak ,aneh juga hal seperti ini terus terjadi, padahal presidenkan sudah bicara tidak boleh ada pemotongan dengan alasan apapun untuk bansos, ” jelas salah seorang warga.

Sementara itu ketika dikonfirmasi masalah tersebut salah seorang pemilik e warung, Tamih mengatakan bahwa tidak ada pemotongan cuma pemberian seikhlasnya buat admin.

” Tidak dipotong cuma seikhlasnya saja pak,” jelasnya ( 07/01/2021).

Ketika wartawan MCNN.
Com menanyakan perihal penggunaan uang hasil dari pemberian tersebut , pihak e warung belum bisa memberikan informasi.

Kapolsek Pebayuran AKP Asep Romli mengatakan jika ada yang di pungli silahkan lapor dibuktikan dengan barang bukti dan saksi.

” Korban silahkan laporkan beserta barang bukti dan saksinya,’ jelasnya ( 07/01/2021)

Ahli hukum pidana dari Forum Advocat Hukum dan Hak Azasi Manusi ( Faham ) mengatakan bahwa setiap bantuan pemerintah dengan alasan apapun tidak boleh meminta bahkan di beripun bisa termasuk gratifikasi dan itu pidana.

” Mengurangi hak masyarakat yang diperoleh dari keuangan negara kalaupun ikhlas atau tidak bisa masuk ranah pidana apalagi Bansos, Presiden saja sudah wanti – wanti tidak ada pungutan apapun,” jelas Sabarudin, SH.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo mewanti-wanti supaya tak ada pemotongan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat dalam bentuk apa pun.

Hal ini Jokowi sampaikan dalam rapat terbatas persiapan penyaluran bansos tahun 2021 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/12/2020).

“Ini sudah saya ulang-ulang, jangan sampai ada potongan-potongan apa pun seperti kejadian di bansos Jabodetabek. Betul-betul kirim ke akun rekening penerima manfaat,” kata Jokowi melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden. ( Ali dan team )

 

 980 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan