Dalam Rangka HPSN, Foker Lakukan Kerja Bakti Lingkungan

Sukabumi. MCNN – Forum Kepemudaan ( Foker ) RW. 1 Kampung Pondokaso, Desa Babakanjaya, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi gelar kerja bakti, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dalam bentuk membersihkan saluran air bersama warga sekitar, Minggu (21/2/2021).

Dengan semangat Kepedulian warga dan para Foker terhadapa lingkungan sebanyak 4 gerobak sampah diangkut saat menggelar kerja bakti membersihkan selokan sepanjang 1 kilometer tersebut,

“kerja bakti ini dilakukan atas inisiatif warga yang prihatin dengan kejadian air meluap dari selokan ke jalan dan rumah akibat tersumbat sampah. Untuk pelaksanaan pembersihan selokan dilakukan cara manual agar fungsi selokan kembali normal.”ujar Edi Mulyadi selaku Ketua RW 01 kepada wartawan.

Edi menambahkan, kerjabakti ini sebagai upaya mengajak warga untuk sadar kebersihan lingkungan. “Tujuan seperti ini agar masyarakat di lingkungan saya sadar akan kebersihan lingkungan sehingga hidup sehat dari penyakit,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum Foker Asep Herdian mengatakan, kebersihkan lingkungan merupakan tanggungjawab semua orang terutama para pemuda, kalau bukan kita pemuda siapa lagi, pergerakan pemuda sekarang menentukan kemajuan suatu wilayah. Saya pun dengan teman-teman pemuda siap melakukan pergerakan dan peduli lingkungan,” ujar Asep.

“beraneka ragam sampah kami temukan, dari Sampah plastik, botol,  aneka macam styrofoam dan pasir yang terdapat di selokan langsung kita bersihkan, kalau tidak ini akan menyebabkan tersumbatnya air dan menjadi sumber penyakit sehingga nyamuk demam berdarah dan yang lainnya pun akan berkembang biak,”

Selain membersihkan kotoran yang mengendap dalam selokan juga kami keruk. Sebelum jatuh korban akibat penyakit gara-gara sampah ini kita pun langsung bergerak,” pungkas asep.

(Achmad Zazuli).

 138 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan