Bupati Sukabumi Buka Bimtek Jaksa Bina Desa 2021

Bupati Sukabumi Buka Bimtek Jaksa Bina Desa 2021
Bupati Sukabumi bersama peserta Bimtek

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami buka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Jaksa Bina Desa 2021. Bimtek dalam rangka peningkatan kapasitas perangkat desa angkatan tahun 2021 tersebut diikuti 150 orang peserta dan diselenggarakan di Hotel Augusta, Cikukulu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (15 /12/2021).

Kegiatan yang diikuti Kepala dan Perangkat Desa tersebut diselenggarakan oleh Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara bersama Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi. Hadir sebagai pemateri dari unsur kejaksaan, kepolisian, serta unsur terkait lainnya.

Marwan mengatakan, kegiatan ini sangat bagus bagi para kepala dan perangkat desa, terutama dalam penguatan fungsi kepala desa beserta jajaran di wilayahnya.

“Kegiatan ini harus menjadi bekal dan komitmen untuk menjalankan roda pemerintahan. Sehingga pemerintahaan di desa bisa berjalan sesuai aturan,” kata Marwan.

Bupati menambahkan, kepala desa beserta perangkatnya tidak hanya berurusan dengan administrasi saja. Urusan mereka juga menyangkut segala aspek yang menyangkut pemerintahan itu sendiri.

H.Marwan Hamami saat membuka Bimtek Jaksa Bina Desa 2021

“Mulai dari sosial-politik, ekonomi, budaya, dan tak kalah penting mengelola keuangan. Kita bekerja pada aturan. Bapak dan ibu harus taat terhadap peraturan perundang-undang dan mengutamakan kepentingan masyarakat,” ujar Marwan.

Marwan yakin dengan bimtek ini akan mendukung percepatan peningkatan kapasitas kepala desa. Dirinya pun berterima kasih kepada Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi yang memberikan pemahaman umum kepada kepala desa.

“Pemahaman hukum ini sangat penting. Tak mudah menyelenggarakan pemerintahan desa, kalau tak taat aturan. Selama bimtek ini, bapak ibu harus banyak aktif bertanya. Semoga pasca bimtek ini, para kepala desa dan perangkatnya bisa mengurus persoalan administrasi yang lebih baik” kata Bupati Sukabumi tersebut.

Sementara itu, Ketua DPD Parade Nusantara Kabupaten Sukabumi Aum M Madjanan mengatakan bimtek ini merupakan solusi yang ditempuh untuk peningkatan SDM aparatur desa. Diharapkan, pembangunan di desa bisa berjalan lancar dan sukses serta target pemerintah tercapai.

“Kegiatan Jaksa bina desa ini untuk melengkapi kebutuhan ilmu hukum. Sehingga, para kepala desa semakin paham berbuat terbaik untuk masyarakat secara tepat. Bimtek ini akan dilaksanakan selama dua hari, 15-16 Desember 2021,” pungkasnya. (Azhar)