Bupati Sukabumi bersama LSM Dampal Jurig Jabar Ajak Perusahaan Swasta di Kaki Gunung Salak Deklarasi Selamatkan Sub Das Cicatih

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Masih dalam rangkaian peringatan hari lingkungan hidup sedunia tingkat Kabupaten Sukabumi, LSM Dampal Jurig Jabar bersama Dinas Lingkungan Hidup bekerjasama dengan Forum Komunikasi Perlindungan dan pengelolaan Lingkungan Hidup (FKPPLH) Kabupaten Sukabumi menggandeng beberapa stakeholder strategis untuk deklarasikan penyelamatan Sub Das Citatih, Rabu (22/06/2022).

Adapun salah satu dari mitra strategis yang digandeng adalah Resort Gunung Halimun Salak serta beberapa Perwakilan perusahaan swasta yang ada di Kecamatan Cicurug – Cidahu Kabupaten Sukabumi.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi diwakili oleh Dede Zaenudin selaku Kasi Kemitraan menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini adalah salah satu komitmen Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami melalui Dinas Lingkungan Hidup tentang sinergitas semua pihak dalam penyelamatan lingkungan hidup.

“Juga bagian dari konservasi alam melalui Kegiatan Bakti Lingkungan Hidup. Notabene diharapkan kedepan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kaki Gunung Halimun Salak dan umumnya wilayah Kabupaten Sukabumi,” kata Dede Zaenudin.

Diketahui, selain acara penandatangan deklarasi berisi komitmen menjaga sumber daya Alam dan Air sungai Cicatih, dilaksanakan juga acara penanaman pohon secara simbolis jenis Rasamala Puspa sebanyak 1000 pohon.
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Lsm Dampal Jurig Jabar Irvan Azis sekaligus Ketua FKPPLH Kabupaten Sukabumi berharap apa yang telah dilakukan ini bisa menjadi agenda kontinyu.

“Kami berharap ini bisa dilakukan secara kontinyu dan bertahap. Silahkan bisa dilihat kondisi alur Daerah Aliran Sungai (Das) Cicatih sangatlah memprihatinkan kondisinya. Jika ini tidak segera ditindaklanjuti akan menjadi awal bencana alam,” ucap Irvan dengan penuh keprihatinan.

Irvan juga mengajak ke semua pihak terkait, khusunya perusahaan-perusahaan yang ada di bawah Gunung Halimun Salak untuk mengeluarkan jasa lingkungan dengan pembuatan sumur resapan.

“Berdasar hasil kajian Institut Pertanian Bogor (IPB), setidaknya dibutuhkan ribuan sumur resapan air, tapi baru terlaksana puluhan sumur resapan yang berfungsi dan dibiayai operasionalnya semua PT Danone Aqua Grup. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi ke perusahaan yang lain untuk ikut ambil bagian dalam program kedepan,” harap Irvan.

Nampak hadir dalam kegiatan, Karest Gunung Halimun Salak, KCD Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Wilayah III, Muspika Kecamatan Cidahu dan Cicurug, Polsek Cicurug, Koramil setempat serta beberapa perwakilan perusahaan swasta di wilayah tersebut.
Adapun perwakilan perusahaan yang hadir antara lain dari PT Aqua Holden Mississippi, PT Indolakto, Pt Amerta indah Otsuka, PT Yaqult Indonesia Persada, PT Asia Healt Energi Beverages, PT Total Air Minum dan PT Djojonegoro C- 1000.

(A Zazuli)

 347 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.