BPJS WATCH Tangerang Raya, Gelar Sidak Ke RSUD Kabupaten Tangerang

Sidak-Cybernewsnasional.com

TANGERANG, MCNN – Masih adanya keluhan dari masyarakat terkait pelayanan Instalasi Gawat Darurat di Rumah Sakit yang diadukan ke BPJS WATCH Tangerang Raya, membuat Koordinator BPJS WATCH Tangerang Raya turun langsung melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Rumah Sakit yang ada di Tangerang Raya, terkait Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT).

Dari pantauan Media Cyber News Nasional (MCNN) Sidak kali ini dilakukan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang yang beralamat di Jalan Jend. Ahmad Yani No.9,
RT.001/RW.003, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten. (Rabu 28/10/2020) siang.

BPJS WATCH-Cybernewsnasional.com
Dr. Mohamad Rifki MS, SpB, MARS., Wakil Direktur RSUD Kabupaten Tangerang (Tengah)

“Ya..sengaja kami lakukan sidak di Rumah Sakit Negeri dahulu, sebelum ke RS Swasta, walaupun keluhan dari masyarakat, baik di RS Negeri maupun swasta selalu ada saja keluhan, khususnya terkait pelayanan di IGD, dan setelah ini baru kami akan sidak ke RS Swasta.” Ucap H.Gandi Koordinator BPJS WATCH Tangerang Raya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa seharusnya keluhan terkait pelayanan di IGD, khususnya terkait rujukan yang seolah-olah dirasakan sulit oleh masyarakat,  harusnya tidak terjadi, sebab hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 19 Tahun 2016.

Program SPGDT ini sangat bagus, yakni untuk mewujudkan masyarakat sehat, aman dan sejahtera, sebab apabila kegawatdaruratan ini tidak segera diberikan pelayanan oleh rumah sakit maka akan mengakibatkan kecacatan bahkan kematian bagi pasien.

“Makanya kita harus pastikan, disetiap Rumah Sakit Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) harus terimplementasi dengan baik dan harus ada petugasnya yang siap melayani 24 Jam.”tegas H.Gandi.

Ditempat yang sama Hartoyo anggota BPJS WATCH yang ikut mendampinginya, kepada MCNN menjelaskan bahwa program tersebut yakni untuk mewujudkan masyarakat sehat, aman dan sejahtera melalui implementasi SPGDT.

“Manakala kegawatdaruratan tidak segera diberikan pelayanan maka akan mengakibatkan kecacatan bahkan kematian.” ucap Hartoyo.

Dr. Mohamad Rifki MS, SpB, MARS., Wakil Direktur RSUD Kabupaten Tangerang menyambut baik kehadiran dari BPJS WATCH Tangerang Raya, bahkan dirinya mengucapkan terima kasih, Karena menurutnya ini merupakan kontrol dari masyarakat untuk mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.

Diakhir kunjungannya, Koordinator BPJS WATCH Tangerang Raya mengucapkan terima kasih kepada Management RSUD Kabupaten Tangerang yang telah menjalankan Program SPGDT dengan baik, dan dirinya berharap kepada semua Rumah Sakit, baik negeri maupun swasta, selalu menjalankan program SPGDT ini, sehingga tidak ada lagi keluhan dari masyarakat terkait pelayanan kesehatan yang mengalami Gawat Darurat di IGD. (Red).

 734 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan