BPBD Kota Sukabumi Dan Kodim 0607 Laksanakan Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Bencana

Sukabumi. Cybernewsnasional.com– BPBD kota Sukabumi dan TNI dalam hal ini Kodim 0607 sukabumi bersama-sama melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat Terhadap Bencana yang berlangsung di Aula dan Lapangan Makodim 0607 Sukabumi pada Jumat (17/9/21) pagi.

Imran Whardhani selaku Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai langkah antisipatif terhadap bencana yang trend nya semakin meningkat di tengah masyarakat. Kegiatan ini merupakan Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Kodim 0607 bersama BPBD Kota Sukabumi.

“Selain itu, tujuan dari kegiatan ini adalah agar kapasitas dan pemahaman masyarakat khususnya Sukabumi Raya meningkat dalam antisipasi terhadap kejadian yang trennya terus naik sehingga saat bencana datang mereka sudah tahu apa yang harus diperbuat terutama golden time untuk selamat dari malapetaka.” Imbuhnya.

Dijelaskan juga dalam sesi bagaimana cara masyarakat untuk mampu memahami peringatan dini yang harus terbangun, dimulai dengan pengenalan risiko bencana seperti mengenal bahaya bahaya yang sering mengancam di sekitar lingkungan.

” Memanfaatkan Layanan Peringatan Dini yang dirilis pemerintah sebagai upaya taktis menghindari bencana, Diseminasi dan Komunikasi dengan berbagai media dan aplikasi yang tersedia seperti “InaRisk” serta tehnik membangun Respon Cepat Masyarakat serta berbagai upaya latihan glaidan drill dalam menghadapai bencana secara rutin,” jelas Imran Whardhani.

Turut hadir dalam acara tersebut Suntor selaku Kepala Staff Kodim 0607 dan Perwira Seksi Teritorial Ahmad Samas. Selanjutnya pada sesi akhir semua peserta yang kurang lebih sebanyak 40 tersebut diajarkan praktik sederhana di lapangan Makodim 0607 simulasi menyelamatkan diri dan penanganannya di lapangan akibat gempa yang disusul kejadian longsor yang menimbun warga.

Penulis : Achmad Zazuli
Editor : Sunarno

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.