BIN Daerah Jabar Gencar Laksanakan Percepatan Vaksinasi di Sukabumi, Hari ini Garap Wilayah Gunungguruh dan 4 Kecamatan Lainnya

SUKABUMI, CYBERNEWSNASIONAL.COM – Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Jawa Barat terus gencar melaksanakan vaksinasi di berbagai wilayah. Hari ini, Rabu (22/06/2022) pelaksanaan vaksinasi berpusat di Gedung PLUT (Pusat Layanan Usaha Terpadu) Cikembang dan door to door di lima kecamatan Kabupaten Sukabumi.

Adapun Area sasar vaksinasi yang dilaksanakan hari ini menjangkau Kecamatan Gunungguruh, Cikembar, Nagrak, Sukalarang dan Sukaraja.

Nampak antusiasme masyarakat cukup tinggi merespon dan berbondong datang ke lokasi vaksinasi yang disebar Tim Vaksinasi BIN. Pelaksanaan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi melalui Tim Nakes pelaksana Vaksinasi di masing-masing puskesmas setempat.

Selain itu juga didukung oleh Dinas Koperasi KUMKM Kabupaten Sukabumi, PKM Cikembar, IKWI Kabupaten Sukabumi, PWI Kabupaten Sukabumi dan stakeholder pendukung lainnya.

Terpantau, saat ini 5 Titik Pos Vaksinasi ditempatkan secara strategis di dua desa Wilayah Kecamatan Gunungguruh antara lain Desa mangkalaya dan Desa Gunungguruh.

Pos vaksinasi yang disiapkan antara lain di Posyandu Perumahan Mangkalaya Residence di Desa Mangkalaya. Kemudian Bale Cikujang, Posyandu Mawar VII Cimenteng, Posyandu Ciburial dan di Madrasah Malimping Desa Gunungguruh.

Kepala Puskesmas Gunungguruh Dedi Setiadi, SKM menyampaikan apresiasi khususnya kepada Pihak BIN Daerah Jabar yang telah memberikan support dukungan terkait percepatan vaksinasi di Kabupaten Sukabumi.

“Kami sangat terbantu sekali. Keberhasilan capaian vaksinasi I, II dan III yang cukup tinggi di wilayah Gunungguruh terutama dari pelaksanaan Vaksinasi BIN menjadi akselerasi yang menjangkau wilayah-wilayah terpencil,” kata Dedi.

Dedi menambahkan, meskipun ada yang tertunda pelaksanaan vaksinasi dikarenakan kondisi kesehatan saat screening dinyatakan tidak layak vaksin, hal tersebut menunjukkan masyarakat antusiasmenya.

“Ada beberapa yang tertunda karena kondisi fisik, semisal darah tinggi diatas tensi 180. Apapun namanya, warga yang sementara tertunda itu telah sadar untuk datang vaksinasi,” cetusnya.

Salah satu Warga Mangkalaya, Ahmad mengucapkan terimakasih juga kepada BIN Daerah Jabar yang telah banyak membantu door to door vaksinasi.

“Banyak diantara kami yang tidak bisa datang jauh ke lokasi Pusat Vaksinasi sebelumnya, karena medan yang sulit atau jarak yang jauh. Sekarang BIN gencar laksanakan vaksinasi di dekat-dekat rumah kami, itu sangat membantu,” ucap Ahmad.

Dalam kesempatan yang sama, Kaposda BIN Kabupaten Sukabumi, Aam Abdul Salam menyampaikan target capaian yang diharapkan dapat dipenuhi dalam kurun waktu 3-6 hari kedepan.

“Semoga tercapai target 34.000 akseptor vaksin dalam upaya vaksinasi saat ini. Dalam pelaksanaan ini kami didukung berbagai pihak, khususnya Dinas Kesehatan dan pihak lainnya untuk sukseskan vaksinasi serentak di 13 Kecamatan. Mohon dukungan dari semua pihak dan kesadaran masyarakat atas pentingnya vaksinasi ini dalam membantu percepatan imunitas komunal,” tutup Kaposda.

(A.Zazuli)