Banjir Rendam Ratusan Hektar Sawah Desa Sumberreja

Banjir-Cybernewsnasional.com

BEKASI, Cybernewsnasional.com – Satu malam di guyur hujan ratusan hektar sawah di Desa Sumberreja Kecamatan Pebayuran di Rendam banjir.

H.Ibong ibrahim Basri Kepala Desa Sumberreja mengatakan banjir bukan hanya merendam areal persawahan di sumbereja tetapi banjir kali ini juga merendam akses jalan di depan kantor Desa Sumberreja tambah nya.

di samping areal persawahan Desa Sumberreja yg terdampak banjir , areal persawahan yg di lintasi oleh saluran pembuangan di antara nya Desa Karang Jaya, Desa Sumberurip, Desa Karang Segar dan Desa Karang Harja mengalami bernasib sama, sekitar 35% petani di Desa Sumberreja sudah memasuki masa tananam, kini hanya pasrah dan harus melakukan tanam ulang persemaian.

Pintu Air-Cybernewsnaaional.com

Apabila air sudah surut karena usia tanam padi di Desa Sumbereja baru berumur 1- minggu, para petani berharap agar Pemda Bekasi khususnya Dinas Pertanian bisa membantu meringankan beban petani yg sawahnya terendam banjir dengan memberikan bantuan Bibit padi.

“Banyak faktor penyebab banjir kali ini selain intensitas hujan yg cukup besar adanya alih pungsi lahan saluran pembuang yg di jadikan sawah  mengakibatkan penyempitan kali pembuang,” imbuhnya.

Memang sdh sekian lama saluran pembuangan belum ada Normalisasi padahal pemerintah desa sudah melayangkan proposal kepda dinas terkait agar usulan dari pemerintah desa hasil Musawarah Dusun ( Musdus) bisa terealisasi secepatnya.

Ia juga menjelaskan bahwa mulai dari drainase hingga gorong gorong saluran pembuangan dari pemukiman warga menuju saluran pembuangan sudah diajukan kepada pemerintah daerah, tetapi hanya beberapa usulan saja yang terealisasi.

“Saya berharap kepada pemerintah daerah khususnya Bapak Bupati untuk lebih meningkatkan kepedulian menyerap aspirasi warga yang mayoritas penduduk kami mayoritas adalah para petani, sehingga infra struktur pertanian juga harus di perhatikan,” pungkasnya.

(Seman.H).

 75 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan