Bandara Kemayoran Riwayatmu Kini

Jakarta, MCNN.com РIndonesia adalah sebuah negara yang luas dan mempunyai sejarah yang cukup menarik bukan hanya lautnya , kedirgantaraanya pun cukup menarik, diantaranya  memiliki ratusan bandar udara yang melayani rute penerbangan domestik dan internasional.

Namun tahukah anda nama Bandara Internasional pertama di Indonesia ?
Jawabanya adalah Kemayoran.

Nama Kemayoran sudah tidak asing lagi bagi warga Indonesia, khususnya warga Jakarta.

Kemayoran yang terletak di Jakarta Pusat ini memiliki banyak nilai sejarah, salah satunya adalah Bandar Udara Internasional pertama di Indonesia.

Bandara yang dibangun pada tahun 1934-1940 ini merupakan pembangunan besar era pemerintahan Hindia Belanda

Bandara ini pun termasuk kategori bandara tersibuk pada masanya, bahkan sejarah besar perjalanan Indonesia ke dunia Internasional melibatkan bandara ini.

Menurut Yono , salah seorang petugas piket di gedung bekas terminal bandara Kemayoran. Setidaknya ada beberapa bagian bandara yang masih sangat asli.

Kepada Cybernews.com Yono pun menjelaskan kepada apa saja bagian bandara yang masih asli tersebut Jum’at (10/9/2021)

Berikut beberapa bagian bandara yang berhasil di wawancara oleh cybernewsnasional.com

1. Terminal Bandara
Terminal Bandara merupakan bagian terpenting dalam penerbangan di Bandara Kemayoran, dan di gedung bekas terminal ini terdapat ruang VIP yang masih terawat karena didalamnya terdapat relief yang dilindungi oleh cagar budaya.

2. Tutup Saluran Air
Saluran air (drainase) yang ada di Bandara Kemayoran ini terbilang sudah modern, pasalnya masih terawat dan memiliki tutup yang terbuat dari besi dengan tulisan Bandar Kemayoran.
Cybernewsnasional.com berhasil mengabadikan beberapa gambar dari saluran air bertutup besi tersebut

3.Landasan Parkir
Landasan parkir yang terletak di sisi kanan terminal tersebut terbuat dari adukan semen masih tersisa beberapa meter saja, karena sebagian besar landasan tersebut telah di renovasi untuk keperluan Asian Games 2018 lalu.

4. Menara Air Traffic Control (ATC)
Peninggalan bersejarah yang satu ini terbilang unik karena memiliki julukan menara tintin, berjarak hampir 1,5 Km dari terminal Bandara membuat sedikit sulit untuk ditemukan. Tempatnya yang tertutup oleh proyek pembangunan gedung dan berada ditengah hutan rimbun ini memiliki 2 buah bangunan.
Yaitu pos jaga dan Menara ATC yang masih sangat asri untuk diresapi nilai kesejarahan nya.( Hadi HDD)

 

 1,040 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.