Ban Bekas Jadi Pot Tanaman Berkarakter

MCNN, Jakarta – Kelurahan Sunter Jaya menyulap puluhan ban bekas menjadi pot tanaman berkarakter. Hal ini merupakan upaya pemanfaatan barang bekas agar tak menjadi sarang nyamuk.

Lurah Sunter Jaya Sahroni mengatakan, sebanyak 75 ban bekas dimanfaatkan. Ban bekas ini merupakan milik warga yang sudah tidak terpakai.

“Warga secara sukarela memberikan ban bekas kepada tim untuk dimanfaatkan menjadi pot tanaman,” kata Sahroni, saat dikonfirmasi, Jumat (13/03/2020).

Dijelaskannya, ban bekas dihias dengan polesan cat oleh tim kreatif petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Sunter Jaya. Bahkan, tim juga menghias tumpukan ban dengan karakter kartun seperti Doraemon dan Sponge Bop.

“PPSU kita punya banyak talenta. Daripada ban bekas itu menjadi sarang nyamuk, lebih baik kita manfaatkan,” jelasnya.

Diterangkannya, hasil kreasi ban bekas ini ditempatkan di jalur hijau Jalan Danau Indah Raya RW 12. Bundaran ban diisi tanah dan pupuk sebagai media tanam tanaman hias penyerap polutan.

“Di Kelurahan Sunter Jaya ini kan dikenal dengan kampung warna-warni. Kami berusaha mencari inovasi lain dengan melihat potensi inovasi terkecil,” tutupnya.

( Sunarno )

 211 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan