Antusias Warga Sukabumi Sambut Menparekraf Bersama Tim ADWI 2021

Sukabumi. MCNN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bersama tim dewan juri ADWI (Ajang Desa Wisata Indonesia 2021) mengunjungi Desa Wisata yang berada di Desa Cisande Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Minggu (05/09/2021).

Seperti yang sudah diketahui, pengumuman 50 terbaik ADWI 2021 ini diumumkan langsung oleh Sandiaga Uno lewat channel youtube  Kemenpar Ekraf pada 23  Agustus 2021 silam, para kurator atau tim penilai ADWI 2021 telah menilai bahwa bersama tiga desa lainnya di Jawa Barat, Cisande masuk daftar 50 terbaik (ADWI).

Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat merupakan kegiatan pemanfaatan alam dan pengembangan sumber Daya Manusia. Disini ada wisata edukasi, Budaya dan Bercocok Tanam, Adventure River Tubing, Tracking Bukit Cemara, Kuliner Sunda dan masih banyak atraksi dan potensi lainnya, tentu saja sudah dilengkapi dengan fasilitas wisata pendukung seperti: Jungle Tracking, Kamar Mandi Umum, Kuliner, Musholla, Outbound dan selfie area.

Dasep Suryadi selaku Kades Cisande menyampaikan bahwa menjadi suatu kebanggaan untuk masyarakat Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Karena dalam ajang tahunan ini saingannya mencapai 1.831 peserta desa wisata dari 34 provinsi di seluruh Indonesia. Dipilah mencari 500, kemudian berkurang jadi 300 hingga akhirnya para kurator memilih 50 desa terbaik ADWI 2021,” kata Dasep.

Nampak antusiasme warga setempat dan luar kecamatan memadati lokasi yang akan dikunjungi oleh Menteri Sandiaga Uno. Bahkan ada yang mempersiapkan diri beberapa hari ke belakang, menunggu untuk melihat kedatangan Sandiaga Uno,”sambungnya.

Hadir pada pukul 14.00 WIB di lokasi, Sandiaga Uno Kepada wartawan mengungkapkan bahwa antusiame ini adalah antusiasme alami warga menyambut kebangkitan ekonomi bangsa ini melalui Desa Wisata dan ADWI adalah salah satu upaya mewujudkan desa wisata di Indonesia yang berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan.

“Kami hadir dalam rangka Program Anugerah Desa Wisata Indonesia atau ADWI 2021. Program ini upaya mendorong kebangkitan Ekonomi desa, Karena Dana Desa setiap tahun diberikan kepada 83.000 desa di seluruh indonesia rata rata Rp800 juta setiap desa,” ujar Sandi.

“Bagi yang belum lolos terpilih menjadi 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit, ADWI 2021 jangan patah semangat. Terus tingkatkan inovasinya, jangan lelah beradaptasi, dan perbanyak kolaborasi untuk mengembangkan desa wisata. Dengan kemudian Kabupaten Sukabumi tinggal menunggu hasil penilaian akhir dari Menparekraf dan Tim ADWI, apakah Desa Wisata Cisande akan masuk pada kategori 10 besar,” jelasnya.

Sesuai dengan situasi dan kondisi sebagai wisata desa, rombongan Menteri di damping Bupati Sukabumi harus melewati gang-gang sempit perkampungan.

Sambutan warga cukup heboh, dari anak muda sampai ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah tua dengan sajian Group Marching Band Oma oma opa opa (Kaum Ibu ibu tua dan Papa papa tua),” tambah Kades

Diketahui, nampak hadir menyambut dalam acara tersebut Bupati Sukabumi H.Marwan Hamami, Yudha Sukamagara selaku Ketua DPRD Sukabumi dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Kehadiran Sandi akan menilai apakah Cisande dengan banyak potensi menariknya layak masuk 10 besar Ajang Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Penulis : A.Zazuli/Azhari.M

Editor   : Sunarno

 163 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.