Antisipasi Banjir, Katar Kecamatan Periuk Gelar Pelatihan Evakuasi Korban

Banjir-Cybernewsnasional.com

TANGERANG, MCNN – Karang Taruna Kecamatan Periuk bekerjasama dengan Damkar UPT Kecamatan Periuk menggelar pelatihan evakuasi penangulanggan bencana di Situ Bulakan, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, yang di ikuti oleh organisasi kemasyarakatan dan perwakilan dari warga. Jum’at (18/12/2020).

Camat periuk, H.Maryono Hasan Menjelaskan bahwa Kecamatan Periuk merupakan langganan banjir, jadi kita harus selalu siap bergerak, untuk membantu dan memberikan kontribusi kepada masyarakat korban kebanjiran, tidak hanya bantuan evakuasi, tetapi juga harus menyiapkan dapur umum dan sembako.

Evakuasi-Cybernewsnasional.com
Pelatihan evakuasi korban banjir

Kepada Media Cyber News Nasional (MCNN), dirinya juga menegaskan bahwa pelatihan tersebut dilaksanakan agar para relawan bisa menambah ilmu dan wawasan terkait pertolongan kemanusiaan dalam bencana banjir.

“Ya.. sengaja pelatihan ini melibatkan karang Taruna agar jika ada bencana banjir, Karang Taruna akan dapat mengevakuasi sesuai dengan standard.” terang H.Maryono.

Korban-Cybernewsnasional.com
Situ Bulakan menjadi tempat pelatihan evakuasi banjir

Sementara Ketua BPBD.UPT. Periuk Syahrial menjelaskan bahwa dalam menghadapi musibah banjir, persiapannya secara fisik ditanggani oleh PUPR, karena persiapannya lebih ke peralatan evakuasi.

Dirinya juga menjelaskan lebih lanjut, bahwa jajarannya telah menentukan titik-titik posko pengungsi, menyiapkan peralatan perahu untuk evakuasi warga, dan termasuk pelatihan ini.

Camat Periuk memberikan arahan kepada peserta pelatihan

“Sudah kita ketahui bersama, dari segi geografis, Kecamatan Periuk datarannya lebih rendah dibanding kecamatan lainnya, kemudian ditambah pemukiman yang padat, sehingga mengalami kesulitan untuk mengalirkan air, apalagi jika datang hujan deras.” ucapnya.

H.Maryono kepada Media menjelaskan, bahwa untuk penanganan banjir di Kecamatan Periuk, pak Walikota sudah berbuat banyak, diantaranya membangun beberapa titik tanggul, drainase, sumur resapan, pintu air dan pompa penyerapan air.

Di sisi lain Ketua Karang Taruna Kecamatan Periuk, Rahmat mengatakan, Karang Taruna Kecamatan Periuk bukan hanya pelatihan penanggulangan bencana yang dilakukan dalam menghadapi bencana banjir. Tetapi juga selalu membuka dapur umum yang tempatnya di Perumahan Garden City.

“Dapur umum ini akan dikelola oleh Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) untuk warga yang menjadi korban bencana banjir sa’at banjir melanda di wilayah Kecamatan Periuk.” pungkasnya. (Angga).

 170 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan