Antisipasi Banjir, Dinas PUPR Kota Tangerang Bangun Drainase Makro dan Mikro

KOTA TANGERANG, Cybernewsnasional.com — Musim hujan akan segera tiba, untuk mengantisipasi banjir dan genangan, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas PUPR telah melakukan persiapan, satu diantaranya bangun 117 drainase yang tersebar di seluruh Kelurahan yang ada di Kota Tangerang.

Kabid Tata Air Dinas PUPR Kota Tangerang, saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat 8 Oktober 2021 mengatakan bahwa DPUPR Kota Tangerang membangun 117 drainase makro dan mikro. Adapun jumlah drainase mikro yakni sebanyak 117 titik dan makro sebanyak 7 titik.

“Untuk drainase mikro, dimensinya biasanya berukuran kurang dari 1 meter dan merupakan bagian dari drainase kawasan permukiman,” kata Mursiman.

Lebih lanjutnya Mursiman menerangkan, untuk drainase makro salahsatunya ditandai dengan ukuran dimensi saluran lebih dari 1 meter dan fungsinya sebagai drainase utama (maindrain) kawasan permukiman atau drainase perkotaan. Dari 7 drainase makro kata Mursiman, dibangun disejumlah lokasi rawan banjir.

“Seperti di Jalan Dimyati, Jalan Sutomo, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Perumahan Ciledug Indah, Jalan Larangan Indah, Jalan Mutiara Peluit dan Jalan RW 14 Karang Timur Permai. Pengerjaannya dimulai dari awal September sampai 4 bulan pengerjaan ke depan,” kata Mursiman.

Mursiman menjelaskan, sebanyak 117 drainase di beberapa Kelurahan di Kota Tangerang sedang diperbaiki. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah unit pompa di berbagai lokasi.

“Untuk anggaran yang dikeluarkan dalam pembangunan drainase makro di 7 lokasi sebesar Rp. 8,2 miliar. Sedangkan untuk drainase mikro 110 lokasi berkisar Rp. 45 miliar,” ungkapnya.

Mursiman berharap, agar pembangunan drainase ini dapat efektif dalam pengendalian banjir. Ditambah lagi dengan upaya lainnya dalam pembangunan tanggul dan turap.

“Untuk antisipasi banjir dan genangan adanya drainase ini sangat efektif,” tutupnya. **(Adv)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.