Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat Laksanakan Hearing Dialog di Desa Saptanajaya dan Tarangi

PASANGKAYU, Cybernewsnasional.com -Dalam rangka peningkatan produktivitas petani di Desa Saptanajaya dan Desa Tarangi Kecamatan Sarudu dan Kecamatan Duripoku Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulbar, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat Andi Muhammad Qursyairy laksanakan Hearing Dialog.

Kegiatan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan perhatian Anggota Legislatif Provinsi Dari Partai Nasdem dapil Pasangkayu kepada masyarakat agar hasil produksi pertanian dan perkebunannya lebih bagus dan berkualitas,.

Hearing dialog kali ini mengangkat tema “Pemanfaatan Pupuk Organik untuk peningkatan Kesuburan Tanah dan Kualitas Tanaman  Terhadap Pertanian,” Rabu – Jumat (11-13/05/2022).

Acara tersebut merupakan pelaksanaan kegiatan tahap kedua tahun anggaran 2022 di desa saptanajaya Kecamatan sarudu dan Kecamatan Doripoku dan disambut langsung oleh masing- masing Kepala Desa Saptanajaya Lalu Zakaria dan Kepala Desa Parangi.

Nampak hadir 120 undangan terdiri dari kepala dusun, tokoh agama  tokoh kelompok tani, tokoh masyarakat tokoh pemuda dan beberapa kalangan masyarakat, hadir juga anggota DPRD Kabupaten Pasangkayu, Bapak Syukur.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat Andi Muhammad Qursyairy
mengatakan, dari hasil hearing ini ia berharap agar masyarakat  lebih cerdas dalam memanfaatan pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kualitas tanaman terhadap petani.

“Upaya ini kami lakukan sebagai  anggota Dewan untuk duduk bersama dalam rangka mendiskusikan keluhan dan persoalan masyarakat di bidang pertanian dan perkebunan,” harapnya.

Andi Muhammad Qursyairy  juga mengatakan, kegiatan yang dilakukan adalah sebagai salah satu momentum untuk melihat sejauh mana pelaksanaan pembangunan dan sekaligus  pemantauan secara berkesinambungan.

“Perkembangan situasi dan kondisi kegiatan masyarakat yang nantinya akan menjadi suatu bahan perumusan DPRD terhadap program pemerintah Daerah yang berpihak pada prioritas kebutuhan masyarakat.” ucapnya.

Adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan dialog tahap kedua tahun 2022 sebagai berikut, saya selaku anggota DPRD Provinsi Sulawesi Barat sebagai pelaksana kegiatan hearing dialog tahap kedua sebagai bentuk  pemberian pemaparan atau masukan kepada kepada masyarakat terkait terkait pemanfaatan pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah dan kualitas tanaman terhadap petani, demikian dikatakan Andi.

Ia menambahkan, ada berapa pokok yang penting yang disampaikannya kepada masyarakat, terkait pembuatan pupuk organik untuk peningkatan kesuburan tanah dan kualitas tanaman terhadap petani.

“Karena pupuk Organik sebagai sarana peningkatan kesuburan tanah dan kualitas tanaman terhadap petani. Karena penduduk di dua titik kegiatan tersebut mayoritas petani sawit dan belum terlalu banyak mengetahui tentang pembuatan pupuk organik,” tandasnya.

Diketahui, dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar lahan pertanian telah mengalami  degradasi dan menurunkan produktivitas lahan terutama terkait dengan sangat rendahnya kandungan C organik dalam tanah yaitu 2% bahkan pada pada banyak  lahan perkebunan dan pertanian insentif di di Kabupaten Pasangkayu.

“Kabupaten Pasangkayu kandungannya mencapai 1% padahal untuk memperoleh produktivitas optimal yang dibutuhkan C organik lebih dari 2,2%,” cetus Andi.

Andi mengungkap, Indonesia sebagai negara tropis basah yang memiliki sumber bahan memiliki sumber bahan atau pupuk organik yang sangat bermanfaat bagi peningkatan produktivitas lahan organik dan perbaikan sifat kimia yang biologis.

“Untuk itu saya selaku Anggota DPRD mengajak masyarakat agar lebih proaktif menggunakan pupuk organik yang sangat sampel dan praktis, demi membuahkan hasil yang maksimal. Kalau hasil berkualitas dan banyak tentu masyakat yang akan menikmati hasilnya,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Saptanajaya Lalu Zakaria berharap, kegiatan Hearing dialog ini terus di galakan, agar kami dan masyarakat lebih paham dan mengerti akan pentingnya penggunaan pupuk organik yang sangat sampel dan praktis dan menghasilkan produksi tanaman lebih baik dan berkualitas.

“Kami selaku kepala Desa mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak Andi Muhammad Qusyairi anggota DPRD Provinsi dapil Pasangkayu yang telah bersedia berdialog dengan kami di Desa saptanajaya Desa yang masih membutuhkan perhatian dari para anggota Ligislatif,” tandasnya.

Kades Tarangi juga menyampaikan hal yang sama agar desa mereka lebih maju dan Sejahtera.

(El Kml)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.