Ada Mata Air Ada Air Mata Uryan : Dulu 5 Tahunan Sekarang Tahunan

Bekasi, MCNN.COM – Pengamat Perkotaan, Yayat Supriatna menjelaskan, persoalan banjir di Kabupaten Bekasi sudah seharusnya menjadi perhatian serius yang dilakukan pemerintah pusat, provinsi dan kota/kabupaten.

“Ada istilahnya mata air dan air mata, Jadi kali Bekasi ini selain untuk mengaliri kebutuhan air bersih, tetapi juga menjadi air mata ketika banjir melanda saat hujan deras,” ujar Yayat dalam dialog khusus  bertema; Banjir Bekasi, Kenapa Masih Parah,” melalui Webinar pada Kamis (18/02/2021 ).

Yayat Supriatna Pengamat Tata Kota Universitas Tri Sakti

Keberadaan pemukiman mewah yang berada bantaran sungai menjadi ancaman, bagi warga ketika tinggi muka air meningkat. “Coba cek pembatas sungai diperumahan di Kota Bekasi, apakah itu tembok atau tanggul,” seloroh Yayat.

Uryan Riana ST,SH,MH Anggota FPKS Kabupaten Bekasi

Menurut Yayat, jangan heran ketika kemudian banjir melanda pemukiman yang berada di aliran sungai Kali Bekasi. Mengingat sudah berubah alih fungsi. “Belum lagi ada SOP sendiri – sendiri yang dilakukan BBWS Ciliwung – Cisadane, BBWS Citarum dan PJT II dalam melakukan kebijakan penanganan banjir di Bekasi,” papar Yayat.

Sehingga hal itu, menurut Yayat berdampak kepada penanganan banjir yang kerap melanda di Kabupaten Bekasi. Hal itu diungkapkan pada acara talks show dengan tema ” Banjir Bekasi Makin Mengapa Masih Parah?”

Sementara itu Uryan Riana anggota FPKS mengatakan bahwa siklus banjir di Kabupaten Bekasi sekarang tahunan bukan 5 tahun sekali.

” Kami FPKS akan terus bekerja bagaimana agar kedepanya bisa mengatasi banjir di Kabupaten Bekasi, melalui kewenangan kami sebagai wakil rakyat ” jelas Uryan

Turut hadir sebagai narasumber yakni Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C) Puarman, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henry Lincoln, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bekasi Uryan Riana dan Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Bekasi, Suhendra. * ( Apen/Ali)

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.