Ada Jejak Cheng Ho di Pesisir Jakarta

Jakarta, MCNN.com – Nama Laksamana Cheng Ho sangat terkenal di Indonesia, seorang pelaut handal asal China yang hidup pada masa Dinasti Ming ini pernah melakukan ekspedisi penjelajahan samudera ke Bumi Nusantara. Membawa misi menjalin hubungan diplomatik dan perdagangan sambil berdakwah ke beberapa kerajaan pada tahun 1405-1433 membuat namanya tercatat dalam lembaran sejarah kemaritiman, bahkan namanya diabadikan menjadi nama Masjid di beberapa kota di Indonesia.

Nama Masjid Cheng Ho sendiri tersebar di beberapa kota seperti Palembang, Bogor, Jember dan Surabaya.
Tapi tahukah anda ternyata di Jakarta juga ada Jejak Laksamana Cheng Ho?
Cybernewnasional.com melakukan penelusuran untuk mendapatkan informasi tentang jejak Cheng Ho di kota metropolitan ini.

Jejak Laksamana Cheng Ho terdapat dalam sebuah bangunan bernama Vihara Bahtera Bhakti atau Kelenteng Ancol di Jalan Sirkuit Kecamatan Pademangan Jakarta Utara, Vihara yang idealnya tempat ibadah umat Budha ternyata disini didatangi umat 3 Agama. Sebuah potret kerukunan sejak 7 abad silam bisa dirasakan di Vihara ini.

Makam Sampo Soei Soe ( Adik Laksaman Cheng Ho)

Pak Ujang (41), pria yang sudah 21 tahun bertugas di Vihara menerangkan bahwa Vihara ini di datangi oleh umat 3 Agama untuk melakukan kegiatan ibadah,
Didalam Vihara terdapat tempat Ibadah Umat Budha, Umat Konghucu dan Ada mushola kecil untuk shalat umat Islam.
Mushola didalam ruangan khusus itu berdampingan dengan makam Embah Said Areli Dato Kembang dan Ibu Enneng tokoh agama yang sering di ziarahi oleh umat Islam kata Ujang pada cybernewnasional.com pada selasa siang (19/10/21)

Informasi penting juga di dapatkan dari Pak Parto (51), juru makam yang ada di Vihara ini telah bertugas sejak tahun 1992 menjelaskan kepada cybernewnasional.com,
Di komplek Vihara terdapat juga Makam Sampo Soei Soe dan Ibu Sitiwati yang sering di ziarahi umat Muslim.
Sampo Soei Soe adalah Adik Laksamana Cheng Ho yang juga juru masaknya,
Menurut Parto demi menjaga keamanan makanan agar tidak diracuni oleh musuh,
Maka juru masaknya diambil dari keluarga kandung dan kerabat dekat Cheng Ho.

Parto juga menambahkan,
Sampo Soei Soe ijin untuk tidak ikut berlaut lagi Kepada Cheng Ho dan menetap di sekitar Pantai Ancol bersama dengan pengawalnya Sampo Tay Djin, pada akhirnya Sampo Soei Soe menikah dengan Sitiwati dan turut berdakwah menyebarkan Islam juga di sekitar Pesisir Ancol.
(19/10/21)

Vihara Bahtera Bhakti atau Kelenteng Ancol ini masuk dalam bangunan cagar budaya yang dilindungi oleh Pemerintah,
Vihara ini setiap harinya dikunjungi oleh orang-orang Budha dan Konghucu yang mau ibadah dan umat islam yang ingin berziarah.
Meskipun usianya sudah 7 abad lebih, namun bangunannya terawat dan kokoh sehingga aman untuk dikunjungi oleh siapapun, bahkan banyak pejabat negara juga yang sering datang ke Vihara. (PhD)

 542 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.