3 Desa di Kecamatan Banjarsari Terendam Banjir

Banjir-Cybernewsnasional.com

CIAMIS, MCNN – Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., bersama Dandim 0613/Ciamis Letkol Czi Dadan Ramdani, S.Sos., M.A.P., meninjau langsung lokasi bencana alam banjir di sejumlah desa di Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Selasa (27 Oktober 2020).

Kehadiran Kapolres beserta Dandim dilokasi bencana untuk mengecek kegiatan evakuasi korban banjir yang dilakukan para personel Polres Ciamis Polda Jabar.

Terendam-Cybernewsnasioanal.com
Kapolres dan Dandim Ciamis hadir di lokasi Banjir

Tidak hanya personel Polres Ciamis, proses evakuasi ini juga dibantu oleh para petugas BPBD Kabupaten Ciamis, Tagana Kabupaten Ciamis, Anggota Kodim 0613/Ciamis dan para relawan kebencanaan disekitar Kecamatan Banjarsari.

Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H., menuturkan, kehadirannya dilokasi bencana bersama Dandim 0613/Ciamis untuk mengecek lokasi yang tekena banjir.

Banjarsari-Cybernewsnasional.com
Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra, S.I.K., M.H, serahkan bantuan

Sebanyak 3 desa di Kecamatan Banjarsari yang mengalami banjir, diantaranya Desa Sindanghayu, Desa Purwasari dan Desa Ciherang.

“Kami sudah memerintahkan jajarannya untuk membantu penanganan korban banjir agar tidak sampai jatuh korban, dan dalam penanganan bantuan banjir, kami lakukan kerja terpadu dengan dibantu personel TNI, BPBD, Tagana dan Relawan Kebencanaan,” tutur Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra saat meninjau lokasi banjir.

Proses evakuasi warga korban banjir

Evakuasi yang dilakukan Personel Polres Ciamis Polda Jabar, kata Kapolres, dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara dan melibatkan sepuluh personel Satuan Sabhara Polres Ciamis Polda Jabar.

Proses evakuasi para personel dibantu dengan beragam peralatan evakuasi mulai dari truk Dalmas, perahu canoe, helm SAR, pelampung, dayung, senso, cangkul, dan sekop.

Kapolres juga menjelaskan, bahwa jajarannya terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah agar bencana banjir yang disebabkan intensitas hujan ini segera mendapat penangangan. Untuk sementara, korban yang dievakuasi seperti bayi dan lansia serta barang berharga dibawa ke Kantor Desa Sindangrahayu.

“Total warga tiga desa di Kecamatan Banjarsari yang mengungsi sebanyak 856 jiwa,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, pihaknya akan terus bersiaga dan melakukan evakuasi bila sewaktu-waktu terjadi hujan susulam yang cukup deras.

Dirinya juga memerintahkan jajarannya untuk tetap siaga menjaga keamanan dari rumah-rumah yang terendam banjir dari gangguan 3C, curat, curas, dan curanmor.

“Kami minta warga untuk tetap waspada terhadap bencana, terlebih saat ini musim hujan telah tiba,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres beserta Dandim 0613/Ciamis menyerahkan bantuan bahan pangan kepada korban bencana alam banjir. Bantuan pangan tersebut berupa 150 kilogram beras dan 30 dus mie instan. (Dedi R. Saputra)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.