HTML5 Icon

Tidak Adanya Jaringan Internet, Dikeluhkan Para Wisatawan Nglambor

Gunung Kidul, Cybernewsnasional.com – Ratusan destinasi wisata yang berada di Kabupaten Gunung Kidul, saat ini sedang banyak di gandrungi oleh para wisatawan lokal maupun manca negara. Seperti tempat Wisata Goa, Air Terjun, hingga Pantai, Sabtu (8/6/2019).

Menurut keterangan dari salah satu tokoh masyarakat setempat, Kabupaten Gunungkidul terdiri dari 18 Kecamatan dan 144 Desa, mayoritas di setiap desanya terdapat destinasi wisata/desa wisata. Dengan banyaknya tempat wisata di wilayah Gunungkidul nampak jelas sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat setempat sehingga mampu menambah pendapatan daerah (PAD) dari adanya pungutan retribusi wisata. Hingga pada akhir 2018 pendapatan asli daerah (PAD) menjadi terbesar kedua selain dari pajak adalah retribusi wisata. Menurut keterangan narasumber yang tidak mau disebutkan identitasnya.

Seperti Desa yang mempunyai beberapa tempat wisata yaitu Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus. Menurut salah seorang perangkat Desa Suroyo, S.sos. bagian Ekonomi Dan Pembangunan (Ekbang) saat di konfirmasi melalui sambungan telepon mengatakan bahwa di Desa Purwodadi sendiri saat ini memiliki beberapa destinanasi wisata diantaranya adalah pantai Siung, pantai Nglambor,  pantai Jogan. pantai Ngetun,  pantai Timang.

“Dari sekian banyak tempat wisata yang berada di wilayah Desa Purwodadi baru lima tempat wisata yang kami buka, namun kedepannya akan kami buka kembali tempat-tempat wisata yang lainnya, untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat Desa Purwodadi. tetapi memang semua itu memerlukan dukungan dari semua pihak. baik masyarakat dan pemerintah,” ungkapnya.

“Tempat wisata yang kini dikelola oleh Pemerintah Desa salah satunya adalah Pantai Nglambor dengan cara memberdayakan masyarakat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan kelompok Karang Taruna Purwodadi (KTP). pemasukan pokdarwis didapatkan dari parkir, ojek, maupun pemandu snorkling,” imbuhnya.

Sumardi Katul salah satu perwakilan dari Karang Taruna Purwodadi (KTP) saat diwawancarai melalui sambungan telpon mengatakan bahwa. Karang taruna diberi tugas untuk mengelola lahan pantai yang kami namakan garden beach. Awalnya kawasan ini merupakan kawasan yang tidak bisa di singgahi orang, karena kawasan Ini merupakan semak-semak dan bebatuan yang banyak jurangnya. “Tetapi alhamdulillah berkat kerjasama dari temen-temen karang taruna, tempat ini dapat menjadi spot-spot foto yang bagus dan indah. Sehingga banyak pengunjung terutama kalangan anak muda yang suka sekali berfoto dan bahkan tidak jarang yang menyewa untuk pemotretan prewedding” tuturnya.

Namun dari banyaknya pecinta wisata dari berbagai daerah mengeluhkan tidak adanya jaringan internet, jaringan selular di tempat ini. “Kami berharap kedepannya ada jaringan internet yang dapat masuk di kawasan wisata Nglambor,” tutupnya.

Penulis : Triono.

Tinggalkan Balasan