HTML5 Icon

Targetkan 31.000 Pemasangan Baru Tahun 2019, PDAM TKR Gelar Konsultasi Publik di Zona A

 

Kabupaten Tangerang, Cybernewsnasional.com – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kerta Raharja (TKR) Kabupaten Tangerang Gelar Konsultasi Publik Analisis Dampak Lingkungan Hidup (Amdal) sebagai tahapan dari rencana PDAM TKR untuk mengembangkan penyenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Zona A, Rabu (13/03/2019).

 

Direktur PDAM TKR H. Rusdy Machmud menjelaskan di tahun 2019 ini pihaknya meningkatkan jumlah layanan air bersih kepada masyarakat salah satunya dengan meningkatkan kapasitas. Hal tersebut menurut Rusdy sesuai arahan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar untuk meningatkan jumlah pelayanan kepada masayarakat Kabupaten Tangerang yang dituangkan dalam Rancangan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tangerang.

 

“Sesuai dengan arahan bapak bupati tangerang. Pada tahun 2019 ini, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan terus berupaya meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat dengan menargetkan sebanyak 31.000 pemasangan baru yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang,” ujar Rusdy.

 

Sementara itu Kepala Bagian Humas PDAM Tirta Kerta Raharja Samsudin menjelaskan, kegiatan Konsultasi Publik Amdal ini sebagai sarana untuk mengumpulkan masukan-masukan dari berbagai unsur masyarakat.

 

“Untuk memenuhi hal tersebut kita harus membangun IPA kemudian jaringan distribusi semua itu kan harus melalui kajian,untuk mendapatkan ijin AMDAL itu kan salah satu nya ada informasi kemudian kita melakukan konsultasi publik ini, dan kita konsultasikan ke masyarakat baik yang terkena dampak atau pun tidak terkena dampak dan sekitar kegiatan kita,” jelasnya.

 

Menurut Syamsudin, Konsultasi publik ini suatu keharusan untuk mendapatkan izin analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL) sebelum pelaksanaan proyek pembangunan INTAKE, IPA dan Jaringan distribusi spam zona A dilaksanakan.

 

“Kami penyusun amdal tentunya akan menerima saran dan tanggapan dari masyarakat untuk bahan kami melakukan pelingkupan, salah satu nya mengidentifikasi dampak potensial yang terjadi, kedua keterlibatan masyarakat ini merupakan Amanah dari pada Peraturan Pemerintah tentang keterlibatan masyarakat dalam penyusunan dokumen amdal itu ada di PP 27 tahun 2012 tentang izin lingkungan,” pungkasnya.

 

Acara yang berlangsung di Aula Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang diikuti 4 Kecamatan di Kabupaten Tangerang dan 3 Kecamatan di Kota Tangerang.

 

“Kali ini, kami menggelar Konsultasi Publik di SPAM Zona A yang meliputi Kecamatan Cibodas, Karawaci, Tangerang, Kecamatan Legok, Curug, Pagedangan dan Kelapa Dua,” imbuhnya.
Dalam kesempatan itu juga Samsudin berharap agar masyarakat serta pihak-pihak terkait lainnya dapat mendukung terkait rencana PDAM TKR untuk mengembangkan penyenggaraan SPAM ini. Agar dapat terlaksana sehingga nantinya akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan air bersih.

 

“Kami mengaharapkan dukungan dan pengertiannya. Karena proyek ini bukan semata-mata buat PDAM TKR tetapi justru untuk masyarakat luas agar bisa mendapatkan pelayanan air bersih,” pungkasnya.

 

 

(ADV)

Tinggalkan Balasan