HTML5 Icon

Polres Serang Gelar Apel Pergeseran Pasukan PAM Pilkades 2019

Kabupaten Serang (Banten), Cybernewsnasional.com – Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, S.IK., MH., memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan Pilkades serentak 2019, di wilayah hukum Polres Serang Kabupaten Serang, bertempat di halaman Mapolres Serang, Sabtu (02/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Karo Rena Polda Banten Kombes Pol Tejo, Direktur Reserse Narkoba Polda Banten Kombes Pol Yohanes Hernowo, Wadir Pam Ovit Polda Banten AKBP Syahdudi, Wadir Sabhara Polda Banten AKBP Akmadi, Pejabat Biro Operasi Polda Banten AKBP Wishnu Caraka, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Wakapolres Serang Kompol Agung cahyono, para PJU Polres Serang dan para Kapolsek Jajaran Polres Serang.

Adapun peserta apel terdiri dari, 491 personel anggota Polres Serang dan Polsek jajaran, 370 personil BKO dari Satbrimob Polda Banten, Direktorat Samapta Polda Banten, Polresta Tangerang, Polres Lebak, Polres Pandeglang, Kodim 0602/Serang dan Linmas Pemkab Serang.

Dalam arahannya, Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, menyampaikan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan saat ini dalam rangka apel pergeseran pasukan operasi aman Pilkades Kalimaya 2019 di wilayah hukum Polres Serang. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pengecekan kesiapan pelaksanaan pengamanan di TPS.

“Perlu diketahui dinamika situasi pada tahapan Pilkades serentak tahun 2019, setiap saat dapat berubah, maka dari itu agar Bhabinkamtibmas dan unit Intelkam maupun personel PAM TPS melakukan penggalangan dan melekat kepada masing-masing calon Kades dan apabila terdapat potensi kerawanan sekecil apapun agar segera disampaikan,” kata Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, dalam arahannya.

Lanjut, AKBP Indra Gunawan, menjelaskan, di wilayah hukum Polres Serang terdapat beberapa Desa yang dipetakan sebagai daerah rawan, untuk antisipasi hal tersebut, masing – masing Polsek akan ada personel BKO tambahan.

“Apabila terdapat permasalahan atau sengketa, untuk tekhnis penanganannya sesuai Peraturan Bupati maupun Perda Kabupaten Serang, semua ada pada buku saku yang telah dibagikan kepada personil PAM TPS,” jelasnya.

AKBP Indra Gunawan, juga meminta, agar personel yang yang ditunjuk sebagai Panwas baik dari TNI maupun Polri agar menjaga netralitas pada pelaksanaan Pilkades.

Sementara, lanjut AKBP Indra, setiap pergeseran logistik Pilkades agar personel selalu melekat melakukan pengawalan guna mengantisipasi adanya potensi kerawanan.

“Semua kendali tekhnis penggunaan kekuatan maupun pergeseran pasukan ada dibawah kendali Kapolsek jajaran, secara umum Kapolres Serang,” tegasnya.

Sedangkan, untuk personil BKO dari Satbrimob Polda Banten akan standby di Mako Polres Serang, dan apabila sewaktu – waktu perlu penebalan di Polsek akan didorong ke Lokasi dimaksud.

“Kelengkapan masing-masing personel PAM TPS agar dicek kembali baik tongkat, borgol, pluit dan lain sebagainya. Dan setiap personel PAM TPS harus mengetahui harus bertindak seperti apa dan melapor kepada siapa apabila sewaktu – waktu terdapat kejadian,” pungkasnya.

Sementara itu, tim Pamatwil Polda Banten Kombes Pol Yohanes Hernowo, menyampaikan, bahwa, setiap dinamika situasi di wilayah pada saat pelaksanaan Pilkades jangan under estimate namun harus tetap over estimate mengingat setiap saat situasi dapat berubah.

Menurutnya, penyampaian arahan yang disampaikan oleh Kapolres Serang agar dilaksanakan dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Agar setiap Kapolsek bertanggung jawab penuh di wilayahnya. Baik dalam pelaporan perkembangan situasi maupun penggunaan kekuatan personel BKO. Dan setiap pergerakan pasukan, sepenuhnya ada dibawah kendali Kapolres Serang,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan, pengecekan kelengkapan pribadi masing-masing personel PAM TPS dan personel BKO seperti tongkat, borgol, pluit, senter dan lain sebagainya. (Agus)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: